About

Kamis, 21 Mei 2015

BLC TELKOM CMS FORMULASI

Selamat siang guys . . ... Masih semangattt hari ini???? Haha :v .. haruss semangat guys ..  Okeh , kita hari ini belajar CMS FORMULASI .. Sebelum kita tau langkah-langkah installnya , kita harus mengetahui dulu , apa sihh itu Cms Formulasi ??

MS Formulasi adalah sebuah sistem manajemen konten (Content management system)yang dapat anda peroleh secara gratis, sebuah sistem sederhana yang kali pertama dibangun dari nol oleh sdr. Ari Rusmanto yang diberi nama Shoolhos. Seiring berjalannya waktu CMS ini ada beberapa perbaikan kode oleh sdr. Fauzan A Mahanani kemudia berubah nama menjadi CMS Formulasi.Saat ini banyak sekali layanan pembuatan website baik yang gratisan maupun berbayar. Ambil contoh saja Blogger, layanan blog 100% gratis milik Raksasa Internet Google ini dapat menjadi media bagi sekolah untuk memperkenalkan diri kepada "dunia luar". Dengan keamanan yang sangat terjamin dan fasilitas yang cukup lengkap. Akan tetapi, untuk kebutuhan sekolah yang cukup komplek terutama untuk SMP, SMA, dan SMK, sekolah membutuhkan engine website tersendiri yang mampu menjangkau seluruh kebutuhan sekolah, dari database guru, perpustakaan online, PPDB Online, berita, hingga alumni sekolah. Kita mungkin telah mengenal engine Wordpress, Joomla, atau Drupal. Mereka memang memberikan layanan yang cukup prima bagi pengelola website baik umum atau sekolah. Yang perlu kita ketahui dan sadari adalah ada karya hebat anak bangsa dalam membangun mesin website untuk sekolah yang sangat canggih dan lengkap, bahkan anda tidak perlu lagi mencari modul/ plugin untuk PPDB Online, Database guru, E-learning, Digital Library, hingga template. CMS Formulasi merupakan engine CMS yang cukup lengkap dan telah banyak digunakan oelh sekolah-sekolah di Indonesia, utamanya lagi adalah CMS ini buatan anak bangsa. Dibawah naungan LPMP Provinsi Jawa Tengah, CMS Formulasi mulai menunjukkan tajinya sebagai mesin CMS yang cukup lengkap dan canggih.

Langsung cuss ke langkah-langkah install nya ajjah yuk guys ..
1. Buka terminal anda masing-masing . Ketik sudo su kemudian Enter . Lalu isi password anda masing-masing kemudian Enter .
2. Ketik  cd  /var/www/html/ lalu Enter .
3. Ketik nemo . Enter . Extract folder cms formulasi , dan rename folder yang telah ter ekstrak tadi menjadi "formulasi" .
4. Kembali ke terminal , kemudian ketikkan chown -R www-data:www-data formulasi/  . Enter .
5.  Ketik chmod -R 755 formulasi/ 
     seperti gambar d bawah ini : 
6. Kemudian buka localhost/phpmyadmin lalu klik Databases dan isi nama database dengan nama formulasi , kemudian klik Create .
7. Buka tab baru dan ketik localhost/formulasi dan muncul tampilan seperti ini, centang di kotak nya (untuk menyetujui), lalu klik install .
8. Langkah pertama silahkan membuat koneksi data base isi sesuai kebutuhan anda .



 9.  Langkah kedua silahkan isi web yang akan di install sesuai kebutuhan anda .
10. Langkah ketiga, kita diminta untuk memasukkan identitas administrator pengelola website sekolah . 

11. Langkah ke empat isi website sekolah anda masing masing seperti gambar di bawah ini .
12. Klik selesai .



13. Setelah selesai semuanya maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini . Langsung di exit saja .




14. Sekarang login masuk ke cms formulasinya . Dengan cara buka localhost/formulasi , maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini .

15. Daaan akhirnya selesai juga guys . . ....






Sekian , dan terima kasih . semoga bermanfaat . Besok disambung lagi ya guys .

0 komentar:

Posting Komentar